Tips Memelihara Rambut Agar Tetap Sehat

cara memelihara rambut yang benar, tips menjaga rambut agar tetap sehat, rambut lebat
sumber gambar diambil dari situs sehat-secara-alami.blogspot.com
Kata orang, rambut adalah mahkota. Memiliki rambut lebat adalah dambaan banyak orang.
Rambut membuat penampilan lebih indah. Wajar saja bila banyak orang melakukan kiat-kiat perawatan rambut. Namun, apa jadinya bila rambut tidak sesuai harapan. Tidak dapat atau tidak sempat merawat rambut bisa mengakibatkan masalah pada rambut, seperti rambut rontok, rambut bercabang dan masalah rambut lainnya.


Penampilan rambut seseorang bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Menurut ahli biologi, karakteristik rambut tergantung pada faktor yang diwariskan, yaitu faktor DNA. Misalnya, orang tua yang mempunyai rambut keriting, mempunyai kemungkinan untuk memiliki anak berambut keriting.

Faktor genetik ini menurun dari orang tua atau saudara dari orang tua. Selain itu, faktor yang mempengaruhi penampilan rambut adalah tingkat sekresi hormon pada tubuh.

Masalah-masalah yang bisa terjadi pada rambut dapat dicegah melakukan perawatan. Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan rambut.
1. Hindari stres berlebih
Salah satu masalah rambut yang populer adalah rambut rontok. Rambut rontok bisa terjadi karena stres. Sering mengalami stres dapat meningkatkan kemungkinan rambut rontok.

2. Basahi rambut dengan air biasa saat ingin berenang
Sebelum berenang di kolam renang, usahakan untuk menyiram rambut dengan air biasa. Hal ini karena air di kolam renang telah dicampuri zat klorin yang tidak baik untuk rambut. Rambut bisa menjadi kaku selepas berenang di kolam renang.

3. Gunakan handuk sebelum menggunakan alat pengering rambut
Saat hendak mengeringkan rambut dengan alat pengering rambut, usahakan untuk terlebih dahulu mengusap rambut dengan handuk. Tentunya dengan handuk yang baik. Gunakan alat pengering rambut setelah rambut diusap dengan handuk. Jangan menempatkan alat pengering rambut pada satu bagian rambut dalam waktu lama. Selain itu, tidak baik juga menggunakan alat pengering rambut pada pengaturan panas.

4. Makan makanan yang mengandung vitamin
Beberapa vitamin dapat menjaga kesehatan rambut, seperti vitamin C. Sifat antioksidan yang terkandung dalam vitamin C dapat membuat kulit kepala sehat. Selain itu, vitamin C juga membantu metabolisme tubuh mengubah lemak menjadi energi. Vitamin lainnya adalah vitamin B1 (tiamin) yang dapat membantu membangun protein. Perlu Anda ketahui bahwa rambut terdiri atas protein. Dengan demikian, rambut menjadi sehat dan tekstur yang baik.

Sumber: http://sehat-secara-alami.blogspot.com/2012/07/tips-menjaga-kesehatan-rambut-cara.html