Hati-hati Menggunakan Lipstik Karena Bahaya Akan Kesehatan Anda

Sumber gambar: Visualphotos
Timbal dan petrokimia yang terkandung dalam lipstik bisa memengaruhi kesehatan dan penuaan dini.

Kebanyakan perempuan tidak bisa lepas dari makeup.

Tak heran bila kaum hawa rentan dengan berbagai keluhan kulit lantaran sering berinteraksi dengan zat kimia yang banyak terkandung dalam kosmetik.

Salah satu kosmetik yang kerap digunakan perempuan adalah lipstik. Kosmetik yang membuat bibir terlihat lebih segar, cerah dan menarik ini, menurut para peneliti, ternyata banyak mengandung zat kimia yang bisa berbahaya bagi kesehatan kulit dan tubuh.

Mau tahu zat kimia apa saja yang terkandung dalam lipstik? Berikut ulasannya seperti yang dikutip Boldsky, Selasa (27/11).

1.Timbal
Timbal adalah logam beracun yang dapat merusak tubuh. Jika seorang perempuan menggunakan lipstik, maka zat kimia yang terkandung di dalamnya akan diserap oleh kulit bibir dan masuk ke aliran darah. Semakin banyak timbal yang diserap oleh tubuh, maka  semakin tinggi pula risikonya bagi kesehatan.

Para ahli mengatakan, timbal merupakan neurotoksin yang memengaruhi sistem saraf. Bila tubuh menyerap terlalu banyak zat kimia ini, maka dapat menyebabkan masalah perilaku dan fungsi otak, tingkat IQ yang lebih rendah, dan ketidakseimbangan hormonal. Bahkan dalam kasus terburuk, timbal bisa menyebabkan keguguran dan kemandulan.

2. Petrokimia
Produsen lipstik banyak menggunakan petrokimia berbahaya lainnya yang beracun bagi tubuh, di antaranya:

Bismuth oxychloride
Sebuah karsinogen yang digunakan dalam produk makeup mineral seperti bedak padat, bedak tabur dan lipstik. Perlu diketahui, Bismuth oxychloride menyebabkan iritasi kulit, gatal-gatal, ruam dan peradangan.

Parabens
Zat kimia yang terkandung dalam kebanyakan kosmetik memiliki banyak efek samping. Salah satunya adalah parabens yang bisa menyebabkan penuaan dini.

Minyak Mineral
Kebanyakan lipstik mengandung minyak mineral yang menghalangi pori-pori kulit. Jika pori-pori kulit tertutup, maka bibir akan terlihat kering dan pecah-pecah. Sementara produk kosmetik lainnya yang mengandung minyak mineral bisa menyebabkan jerawat.

Untuk menghindari efek samping tersebut, sebaiknya Anda membeli produk kosmetik berbahan alami misalnya, yang mengandung ekstrak lidah buaya, madu, minyak jarak, dan masih banyak lagi. Sehingga bibir Anda selain sehat, tapi juga tetap menarik untuk dilihat.

Sumber: http://www.beritasatu.com/women-health/85376-bahaya-tersembunyi-dalam-lipstik.html