8 Khasiat Dan Manfaat Daun Cabe Jawa

8 Khasiat Dan Manfaat Daun Cabe Jawa Sembuhkan banyak penyakit - Mendengar kata cabai, yang terlintas di benak kita adalah buah berwarna hijau atau merah dan pedas kalau dimakan. Tumbuhan ini bersifat menghilangkan rasa sakit, menghentikan pendarahan, Melancarkan peredaran darah, mencegah keguguran dan mengatur menstruasi. Daun tanaman ini memiliki rasa pahit, pedas dam memberikan rasa hangat.Cabai biasa dipakai untuk sambal. Namun, ada cabai yang biasa dipakai untuk campuran jamu. Ini adalah cabai alas atau lada panjang. Cabai ini dikenal sebagai cabai jawa (Piper retrofractum Vahl atau Piper longum L).


Berbeda dari tananam cabai lainnya, cabai jawa tergolong jenis tumbuhan sirih memanjat yang mempunyai akar lekat. Daunnya berseling (posisi tangkai berselang-seling) berbentuk bundar telur dengan ujung meruncing. Bila daunnya diremas, cabai akan mengeluarkan bau seperti bau daun sirih.

Cabe jawa banyak ditanam di pekarangan dan ladang pada ketinggian 0-600 meter di atas permukaan laut. Tanaman merambat ini hidup pada tanah yang tidak terlalu lembab. Untuk memberbanyak tanaman ini orang biasanya melakukannya dengan cara stek. Pemeliharaannya pun cukup mudah. Seperti tanaman lain, cabai jawa perlu air yang cukup. Tanaman ini tumbuh lebih subur di tempat terbuka dan Mempunyai Khasiat dan manfaat dari Daun Cabe Jawa tersebut :

Berikut Merupakan Berbagai Manfaat Daun Cabe Jawa :

1.Obat Biduran, Siapkan daun cabe jawa sebanyak mingkin atau secukupnya dan cuci daun tersebut sampai bersih. Setelah itu tumbuk daun tersebut sampai halus sambil ditambahkan garam secukupnya. Oleskan tumbukan tersebut pada bentol-bentol biduran secara merata. Rasa hangat dari daun cabe jawa akan meredakan gatal akibat biduran.

2.Rasa lemah (neurashenia) Cabe jawa 6 butir, rimpang alang-alang 3 batang, rimpang lempuyang ¾ jari, daun ambiloto ¾ genggam, gula enau 3 jari. Dicuci dan dipotong-potong seperlunya, di rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 ¼gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum. Sehari 3x ¾ gelas.


3.Masuk angin. Cabe jawa 3 btir, daunpoko (Mentha arvensis javanica Bl) ¼ genggam, adun kesumba keling (Bixaorellana L) ¼genggam, gulaenau 3 jari, dicuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 ¼ gelas. Sehari 3 x ¾ gelas.

4.Obatkuat. Membersihkan rahim sehabis melahirkan. Akar kering 3 gr ditumbuk halus, seduh dengan air panas, minum. Sehari sekali.

5.Pencernaan terganggu, batuk, bronchitis, ayan, demam sehabis melahirkan, penguat lambung, paru dan jantung, tekanan darah rendah, hidung berlendir. Buah mentah 6 gr yang kering ditumbuk halus, ditambah madu secukupnya.

6.Obat kumur. Daun 3 lembar ditumbuk, diseduh dengan 1 gelas air panas, untuk kumur-kumur.
Obat Kumur, sediakan tiga lembar daun cabe jawa lalu dicuci bersih. Selanjutnya tumbuk daun tersebut samoai halus dan seduh dengan air hangat. Gunakan air seduhan tersebut untuk berkumur, lakukan kegiatan ini secara rutin untuk menjaga kesehatan mulut.

7.Pereda Kejang Perut, Tiga lembar daun cabe jawa dicuci bersih dan ditumbuk sampai halus. Seduh tumbukan tersebut dengan air panas sebanyak satu gelas. Sarung air seduhan tersebut setelah itu diminum.

8.Obat Gatal dan Obat Gigitan Serangga, daun cabe jawa secukupnya dicuci bersih. Seteh itu ditumbuk halus dan dioleskan pada bagian kulit yang gatal atau digigit serangga. Rasa hangat dari daun cabe jawa akan meredakan rasa gatal dan gigitan serangga.

SIFAT KIMIAWI : Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui, a. l: Buah : Zat pedas piperine, Minyak menguap, alpha amirin, fenenol, dehydromatricaria ester, cineole, terpinen-4, 1-beta caryophylene,1-quebrachitol. Akar dan batang mengandung mengandung inulin yang terdiri dari artemose, cabang kecil mengandung oxytocin, yomogi alkohol, ridentin.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN : Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan seluruh tanaman yang dikeringkan dengan jalan diangin-anginkan. Segar : daun dan biji.

Banyak sekali 8 Khasiat Dan Manfaat Daun Cabe Jawa yang membuat banyak arternatif kesehatan untuk kita semua.

1 komentar :