Buah Mahkota Dewa Manfaat Dan Khasiat

 manfaat buah mahkota dewa
Manfaat dan khasiat Mahkota Dewa- Sebelum membahas beragam manfaat dan khasiat buah mahkota dewa, penting juga untuk mengetahui nama lain dari buah berwarna merah ini. Meski berasal dari tanah Papua, Irian Jaya, namun dewasa ini tanaman mahkota dewa bisa dijumpai di berbagai daerah.Nama lain mahkota dewa yang telah disebutkan sebelumnya adalah Simalakama. Nama ini populer di daerah Melayu.Untuk nama ilmiah, tanaman mahkota dewa dikenal dengan nama Phaleria Macrocarpa. Sedangkan untuk bagian buah dinamai Simplisia Phaleriae Fructus.


Mahkota dewa sering juga disebut buah simalakama. Sebagaimana kita ketahui, kata “simalakama” selalu identik dengan dua pilihan beresiko yang sama buruknya. Mahkota dewa memang dikenal beracun tetapi juga menyembuhkan. Meski dalam konteks pengobatan, kadang menimbulkan reaksi seperti pusing dan mual,Beragam manfaat dan khasiat buah mahkota dewa memang telah banyak dirasakan masyarakat. Meski berlabel “simalakama” yang penuh resiko, mahkota dewa tetap juara obat herbal.


Beberapa manfaat buah mahkota dewa


Buah mahkota dewa mangandung sejumlah unsur kimia yang dapat memberikan khasiat cukup baik untuk mengobati sejumlah penyakit.



Dibawah ini adalah pemanfaatan buah mahkota dewa sebagai obat :

  1. Buah berikut kulit buah mahkota dewa mengandung antioksidan potensial yang bermanfaat meningkatkan sistem daya tahan tubuh.
  2. Mengobati rematik dan asam urat.
  3. Mengurangi rasa sakit saat terjadi pendarahan ataupun pembengkakan.
  4.  Mengobati Eksim dan gatal-gatal.
  5. Menghambat pertumbuhan sel-sel tumor dan kanker.
  6. Mengobati penyakit diabetes melitus.
  7.  Meningkatkan kebugaran tubuh.
  8. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  9. Mengobati disentri.
  10. Menghilangkan jerawat pada wajah.
  11. Dan banyak khasiat lainnya yang belum disebutkan diatas.
Beragam manfaat dan khasiat buah mahkota dewa memang sangat membantu masyarakat untuk meminimalisir biaya kesehatan. Namun ada baiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter Anda sebab meskipun herbal, mahkota dewa juga memiliki efek samping jika dikonsumsi dengan tanpa melalui cara pengolahan yang baik dan benar.