Cara Menanam Dan Khasiat Buah Kedongdong



Buah apa yang durinya di dalem buahnya?"Ayo apa" yaapp kedongdong...buah yang durinya di dalemnya berduri Buah dengan tekstur renyah dan rasa manis sedikit asam ini banyak disajikan dalam bentuk asinan, rujak, acar, jus, manisan, jeli, selai, dodol, dan sirup. Ternyata kedondong bukan hanya enak untuk disantap tapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Daun kedondong muda selama ini banyak dijadikan lalapan dengan cara direbus ataupun dikukus. Kandungan gizi yang terdapat di dalam 100 gram daun kedondong antara lain 540 mg Calcium, 82 mg Fosfor, 6,2 mg Besi, 2900 IU Vitamin A dan 29 mg Vitamin C.bagian lain dari tanaman kedondong juga memiliki manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Cara Menaman dan Cara Panen Buah kedongdong

= Tanaman kedondong berbentuk pohon berbatang lurus dan besar. Varietas kerdil memiliki tinggi hingga 2 meter, sedangkan varietas tinggi dapat mencapai 25 meter dengan garis tengah batang 30-40 cm. Kedondong umumnya berbunga pada bulan Juni-Agustus dan buahnya masak pada bulan Januari-April.

- Pohon kedondong membutuhkan suhu hanya sekitar 300C, kelembaban udara sekitar 14 persen dan memerlukan banyak cahaya. Pohon yang ternaungi akan menghasilkan buah sedikit atau tidak dapat berbuah sama sekali. Tanaman kedondong tumbuh baik pada dataran rendah yang kering, hingga ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Curah hujan yang dibutuhkan antara 1.000-1.500 mm per tahun. Ciri khas pohon kedondong adalah daunnya rontok pada musim kemarau dan segera bersemi lagi pada musim hujan.

- Tanaman kedondong dapat berbuah setelah berumur tiga tahun sejak ditanam. Buah muda kulitnya berwarna hijau pekat. Ciri buah siap panen adalah buah berukuran maksimal, padat, serta kulitnya berwarna hijau kekuningan. Buah umumnya matang setelah 6-8 bulan sejak bunga mekar. Pemanenan dilakukan secara bertahap dengan memetik buah yang matang, sedangkan buah yang belum matang dan masih kecil tidak dipetik. Dengan cara ini, buah yang belum matang dan masih kecil akan bertambah besar.

- Daging buahnya berasa manis, sedikit asam, tekstur renyah dan mengandung cukup cairan. Secara sepintas, aroma buah kedondong mirip buah nanas, yaitu kombinasi antara asam dan manis. Jika sudah masak dan lunak, aromanya menjadi berkurang dan kulitnya sulit dikupas. Buah mengandung asam organic yang cukup banyak, sehingga rasanya agak asam. Kadar sukrosa pada buah matang mencapai 8-10,5 g/10g, sehingga rasanya menjadi manis.

- Daun Sebagai Lalap

Daun kedondong merupakan daun majemuk bersirip dengan 4-12 pasang anak daun, berwarna hijau muda hingga hijau tua. Anak daun panjangnya antara 5,5-13 cm dan lebarnya antara 1,6-5 cm. Seperti halnya daun-daunan hijau lain, daun kedondong juga dapat digunakan sebagai bahan sayuran. Di beberapa daerah, daun kedondong muda dapat dikukus atau direbus dan digunakan sebagai lalapan dicampur dengan sambal. Rasanya enak dan lezat, apalagi jika dimakan bersama nasi yang masih hangat.

- Untuk Kesehatan Pencernaan

Zat gizi yang cukup menonjol pada buah kedondong adalah vitamin C yang mencapai sekitar 30-50 mg per 100 gram daging buah, selain kalsiuam, fosfor, besi dan vitamin A dalam jumlah cukup banyak. Kandungan serat pangan (dietari fiber) pada buah kedondong 0,85-3,60 g/100 g, sehingga sangat bermanfaat untuk pemeliharana kesehatan saluran pencernaan.

Kandungan utama yang terdapat dalam buah kedondong adalah unsur gula dalam bentuk sukrosa yang penting sebagai penambah energy dan vitalitas tubuh. Begitu juga dengan kandungan dan airnya yang cukup tinggi bermanfaat dalam melancarkan pencernaan serta mencegah dehidrasi. Karena rendahnya kandungan lemak, buah ini cocok sebagai makanan cemilan diet yang menyegarkan. Kandungan karbohidrat maupun proteinnya juga termasuk rendah.
- Untuk Pengobatan

Bagian daun dan kulit batang dari pohon kedondong bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan. Daun dan kulit pohon ini banyak mengandung flavanoida, saponin, dan tannin. Kandungan ini sangat bermanfaat untk menyembuhkan penyakit disentri dan mengobati penyakit batuk.

Untuk mengobati disentri, ambil kulit pohon kedondong sekitar 5 gr. Pilih kulit yang segar lalu bersihkan. Setelah itu diiris dalam bentuk kecil-kecil dan rebus bersama 2 air gelas hingga tersisa setengahnya. Kemudian diamkan agar lebih hangat, lalu saring dan minum airnya, sehari dua kali pagi dan sore.

Untuk mengatasi batuk, ambil daun kedondong yang segar 3 atau 4 lembar. Lalu rebus ke dalam 2 gelas air. Setelah masak dan air tinggal setengahnya lalu diamkan agar hangat. Setelah itu saring dan minum airnya. Akan lebih enak bila ramuan-ramuan tersebut diminum dengan menambahkan madu.

Untuk mengatasi batuk juga bisa menggunakan buah kedondong. Caranya: ambil 2 atau 3 buah kedondong. Cuci bersih lalu parut. Tanpa ditambah air peras airnya. Tambahkan sedikit garam, minumkan kepada penderita 3x sehari.

5 Khasiat Buah Kedongdong Sebagai Berikut :

1.Kulit Batang Tanaman Kedondong Untuk Mengatasi Diare

Untuk mengatasi diare, gunakan kurang lebih 15 gram kulit batang kedondong segar yang telah dicuci bersih. Lalu potong kecil-kecil dan rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Tunggu sampai dingin lalu saring dan air hasil saringan dapat diminum 2 kali sehari.

2.Daun Kedondong Untuk Mengobati Serta Borok dan Luka Terbakar

Daun kedondong juga digunakan secara tradisional untuk mengobati obat borok, luka perih dan luka terbakar.

3.Buah Kedondong Untuk Anemia

Kandungan zat besi dalam 100 gram buah kedondong mencapai 30 mg, dapat membantu proses pembentukan sel darah merah.

4.Kulit Batang Tanaman Kedondong Untuk Mengatasi Diare

Untuk mengatasi diare, gunakan kurang lebih 15 gram kulit batang kedondong segar yang telah dicuci bersih. Lalu potong kecil-kecil dan rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Tunggu sampai dingin lalu saring dan air hasil saringan dapat diminum 2 kali sehari.

5.Buah Kedondong Untuk Pemeliharaan Saluran Pencernaan dan Diet

Kandungan serat pada 100 gram buah kedondong yang mencapai 0,83-3,60 mg sangat bermanfaat untuk melancarkan fungsi saluran cerna.

Bagaimana Cara Menanam Dan Khasiat Buah Kedongdong,bermanfaatkan semoga bisa menambah wawasan anda tentang manfaat buah-buahan.