Cara Membersihkan Wajah dengan Baik dan Benar

Sumber: karinta.com
Masih banyak orang yang belum mengerti cara membersihkan wajah dengan benar. Justru cara membersihkan wajah yang salah dapat membuat kulit wajah menjadi kusam & iritasi. Beberapa hal berikut sebaiknya dipahami terlebih dahulu sebelum melangkah lebih jauh:
  • Kulit wajah sebaiknya dibersihkan secara rutin pagi dan sore hari untuk mengangkat kotoran, sebum, dan sisa make-up.
  • Gunakan pembersih wajah yang tepat sesuai jenis kulit anda dengan pH yang sesuai. Berikut artikel yang membahas tentang cara menentukan jenis kulit wajah & cara memilih pembersih wajah dengan tepat.
  • Jangan menggosok wajah terlalu keras, hal itu akan menimbulkan iritasi pada kulit wajah.


Berikut ini langkah-langkah dasar membersihkan wajah yang benar:


  1. Usapkan pembersih dengan lembut pada wajah anda secara merata. Bila anda menggunakan pembersih krim, usap dengan kapas / tissue hingga krim tidak banyak tertinggal. Jika anda menggunakan pembersih bilas, gunakan air dingin saja atau jika anda ingin menggunakan air hangat, janganlah terlalu sering. Pada jenis kulit kering, membilas menggunakan air hangat dapat membuat kulit wajah menjadi semakin kering.
  2. Setelah wajah anda bersih, gunakan toner / penyegar untuk membersihkan sisa make-up dan menutup pori-pori. Penggunaan toner ini sangat penting tapi banyak yang melewatkan. Jika anda sangat peduli dengan kulit wajah, sebaiknya anda tidak melewatkan proses ini. Gunakan toner yang tepat untuk jenis kulit wajah anda.
  3. Gunakan Pelembab untuk menjaga keremajaan kulit wajah anda. Pastikan pelembab yang anda pilih sesuai dengan jenis kulit wajah anda.
Sumber: http://www.karinta.com/2011/08/cara-membersihkan-wajah-dengan-benar/