15 Tips Terbaik Menurunkan Berat Badan

Sebenarnya, dengan mengetahui hubungan diet dan makanan sehat serta memiliki pemahaman tentang kandungan-kandungan gizi/nutrisi dan "zat yang tidak ramah terhadap tubuh" pada makanan, kita dapat menjalankan diet yang baik. Sebagai permulaan, kita tentu perlu tahu cara menghitung indeks massa tubuh. Namun, diet bukan sekedar suatu program yang dijalankan secara teknis dengan mengikuti panduan-panduan instruktur diet anda.

Anda perlu membangun suatu gaya hidup sendiri bagaimana anda mendapatkan bentuk tubuh ideal dengan menurunkan berat badan dengan diet. Beberapa tips diet TERBAIK di bawah ini, dapat menjadi panduan anda dalam mempraktekkan gaya hidup yang sehat.


Cara terbaik menurunkan berat badan
15 Cara terbaik menurunkan berat badan


Tips Diet No 1: Minum banyak air atau minuman bebas kalori.

Orang kadang-kadang bingung ketika dalam kondisi haus dengan lapar, sehingga mereka akhirnya mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori ekstra dari makanan atau minuman dingin yang dibutuhkan. Jika haus, air putih adalah pilihan yang baik.

"Jika Anda tidak menyukai air putih, coba tambahkan jeruk atau percikan jus, yang memiliki banyak rasa tapi tidak ada kalori," demikian kata Cynthia Sass, juru bicara American Dietetic Association.


Tips Diet No 2: Pikirkan tentang apa yang anda butuhkan, bukan malah memikirkan apa yang anda inginkan. Banyak orang yang tidak menyadari adanya pilihan-pilihan saat akan mengkonsumsi sesuatu, sehingga jajanan yang menarik perhatiannya dan membuat dirinya penasaran untuk mencoba, atau ingin kembali merasakan kelezatannya, akhirnya merusak program diet.

Kuasailah pikiran andam lalu mulailah dengan berfokus pada konsumsi buah-buahan yang dianjurkan, 5-9 porsi buah dan sayuran setiap hari.


Tips Diet No 3: Pertimbangkan apakah Anda benar-benar lapar.

Setiap kali Anda merasa seperti ingin makan, selidikiliah baik-baik apakah anda memang dalam kondiri lapar atau hanya merasa ingin makan saja.

Michelle May, penulis buku Am I Hungry? Berkata bahwa; "Kelaparan adalah cara tubuh Anda memberitahu Anda bahwa Anda perlu bahan bakar, sehingga ketika keinginan untuk makan bukan karena lapar, maka anda tidak akan pernah merasa puas untuk makan".

"Perut Anda hanya sebesar kepalan tangan Anda, sehingga hanya memerlukan sedikit makanan untuk mengisinya dengan nyaman," kata Mei.

Menjaga porsi makanan secara masuk akal akan membantu Anda lebih rajin memperhatikan kebutuhan akan makanan dibandingkan perasaan ingin makan.


Tips Diet No 4: Jadilah seorang pemilih untuk makanan ringan di malam hari.

Anda mungkin akan kehilangan akal atau kebingungan ketika memiliki kebiasaan ngemil saat santai setelah makan malam, dan harus menjalankan diet yang menuntut anda tidak menjadi pengemil jadi-jadian yang bebas menikmati camilan sesuka hati.

"Duduk dengan sekantong keripik atau kue di depan televisi adalah contoh amnesia makan, di mana makan bukan karena rasa lapar, tapi karena kebiasaan," kata juru bicara American Dietetic Association Malena Perdomo.

Biasakanlah untuk menghindari daput pada jam tertentu di malam hari, atau nikmatilah camilan rendah kalori. Biasakan diri anda dengan rutinitas tersebut, agar tubuh anda mulai nyaman dengan makanan/minuman rendah kalori.


Tips Diet No 5: Nikmati makanan favorit Anda.

"Saya pikir meletakkan menghindari makanan favorit hanya akan mengarah ke penambahan berat badan karena memicu 'Rebound' makan berlebihan," kata Sass.

Alih-alih menjauhi makanan favorit Anda sama sekali lalu menjadi seorang slim shopper yang lebih memilih membeli sepotong kue roti segar, bukannya sekotak penuh. Anda tetap dapat menikmati makanan favorit anda selama program diet, tentu saja asalkan tidak berlebihan.

"Anda dapat menikmati makanan favorit Anda, tetapi Anda harus melakukannya dengan suatu aturan yang tidak melanggar prinsip diet" kata Sass.


Tips Diet No 6: Bawa dapur anda walaupun dalam perjalanan jauh.

Saat anda sedang bertamasya, mungkin anda berfikir untuk lebih baik menikmati makanan di tempat rekreasi dibandingkan membawa bekal, karena bekal bawaan anda bisa saja merusak suasana karena harus bersusah-payah membawanya. Membeli makanan di lokasi memang tak kalah praktis.

Namun, sebuah “petualangan” akan lebih menyenangkan jika anda mempersiapkan menu makanan sendiri sejak dari rumah, sehingga saat di lokasi, anda tak perlu bingung memilih makanan apa yang harus anda belu, atau anda akan makan apa saat itu.

Dengan menyiapkan makanan bekal dari rumah, anda bebas untuk memilih menu apa saja yang akan anda dikmati saat jauh dari rumah. Selain itu, tentu saja anda tetap bisa mengontrol kesehatan makanan.


Tips Diet No 7: Makan beberapa makanan ringan di siang hari.

Jika Anda makan lebih sedikit kalori daripada yang Anda bakar, Anda akan kehilangan berat badan. Tapi ketika Anda lapar sepanjang waktu, makan sedikit kalori dapat menantang.

"Studi menunjukkan orang yang makan makanan atau camilan 4-5 per hari lebih mampu mengontrol nafsu makan dan berat badan," kata peneliti obesitas Rebecca Reeves.

Dia merekomendasikan membagi kalori harian Anda ke dalam porsi kecil atau makanan ringan dan menikmatinya di pagi atau siang hari, saat anda beraktifitas dan tubuh anda bekerja untuk membakar kalori.


Terbaik Diet Tips No 8: Makan protein setiap kali makan.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein lebih baik dibanding makanan berkarbohidrat atau berlemak.

"Diet tinggi protein [dan] karbohidrat yang sedang ditambah dengan olahraga yang teratur sebagai gaya hidup, memiliki potensi yang sangat baik untuk membantu penurunan berat badan," kata peneliti dari University of Illinois, Donald Layman.

Dengan protein yang cukup, massa otot dipertahankan dan mendorong pembakaran lemak sambil menjaga Anda merasa kenyang. Jadi pastikan untuk menyertakan sumber protein yang sehat, seperti yogurt, keju, kacang, atau kacang-kacangan, saat makan.


Tips Diet No 9: Spice it up.


Tambahkan bumbu atau chiles untuk makanan Anda untuk meningkatkan rasa yang dapat membantu Anda merasa puas.

"Makanan yang sarat dengan rasa akan merangsang selera Anda dan menjadi lebih nyaman sehingga Anda tidak akan makan banyak," kata Perdomo.


Tips Diet No 10: Penuhi dapur Anda dengan makanan sehat dan lezat.

Gaya hidup metropolitan sebenarnya membuat usaha diet semakin menantang, kebiasaan mengkonsumsi makanan instan yang “tinggal pesan” dibandingkan mengolan makanan di dapur sendiri, membuat program diet menjadi berantakan. Jika anda mengalami kondisi ini, salah satu tipsnya adalah memenuhi dapur anda dengan makanan sehat yang lezat.

Hal ini menjadikan anda dekat dengan sumber makanan, aturrlah jenis-jenis makana yang perlu anda sediakan, sehingga bukan hanya sehat tetapi juga membuat anda mudah untuk mengolah dan menikmatinya.


Tips Diet No 11: Pesanlah Porsi kecil.

Jika anda sering keluar untuk mencari makanan atau sekedar menikmati suasana, jangan lupa untuk memesan menu makanan dalam porsi yang kecil saja.

"Ketika Anda makan di luar, pesanlah menu makanan dalam porsi kecil (porsi anak-anak) sebagai cara mudah untuk memangkas kalori dan mendapatkan bagian Anda di bawah kendali," saran Perdomo.

Trik lainnya adalah dengan menggunakan piring yang lebih kecil. Ini membantu bagian terlihat seperti lebih, dan jika pikiran Anda puas, perut Anda mungkin akan juga.


Tips Diet No 12: Makanlah makanan musiman.


Anda mungkin tidak senang mengkonsumsi buah atau sayuran karena rasanya tidak membuat anda merasa harus menjadikan buah atau sayuran tersebut sebagai favorit. Hal tersebut dikarenakan (mungkin) anda mengkonsumsi jenis buah atau sayuran diluar musimnya. Untuk mendapatkan rasa yang lebih baik, konsumsilah buah-buahan atau sayuran yang sedang musim.

"Ketika Anda makan buah atau sayuran musiman, buah-buahan dan sayuran itu lebih beraroma, anda mendapatkan rasa terbaiknya, dan saya berjanji Anda tidak akan kecewa." Kata Perdomo.


Tips Diet No 13: Ganti secangkir pasta dengan secangkir sayuran.

Kurangilah mengkonsumsi pasta, atau roti dengan luluran pasta, ganti kebiasaan anda menikmati pasta (di Indonesia, pasta digunakan pada produk-produk seperti roti, kue, dll) dengan mengkonsumsi sayuran.

"Anda dapat menyimpan dari 100-200 kalori jika Anda mengurangi porsi tepung di piring Anda dan meningkatkan jumlah sayuran," kata Sass.


Terbaik Diet Tips No 14: Atasi stres dengan non-pangan.

Tidak sedikit orang yang memiliki kebiasaan makan yang banyak dalam kondisi stres. Hal ini akan berdampak buruk terhadap usaha penurunan berat badan anda.

Latih/biasakanlah diri anda untuk mengatasi stres dengan cara-cara non-pangan (tidak melalui makanan) misalnya dengan membaca, keluar mencari suasana, atau mendengarkan musik. Para ahli banyak menyarankan agar banyak mendengarkan musik untuk menghindari stres.


Terbaik Diet Tips No 15: Jadilah aktif secara fisik.

hampir sama dengan tips di atas, tips ini menyarankan anda untuk lebih memilih menghukum diri (karena merasa bersalah, atau menyesali suatu perbuatan) dengan menggerakkan anggota tubuh dibandingkan harus menyiksa tubuh dengan makanan.

Di sisi lain, anda memang membutuhkan olahraga, menggerakkan fisik anda secara aktif untuk membakar lemak.

Anda mungkin, dalam suatu kondisi, lebih memilih untuk tidur demi menjada energi, dibandingkan berolahraga. Sebaiknya, mulailah gaya hidup baru dengan menyeimbangkan aktifitas fisik anda dan istirahat. Bukankan inti dari diet adalah penyeimbangan, bukan?