9 Manfaat Buah Pare kesehatan Dan Kandungan

BUAH PARE
9 manfaat dari buah pare - Buah pare tumbuh subur pada daerah dataran rendah dan dapat ditemukan tumbuh liar ditanah terlantar, tegalan, ditanam dipekarangan rumah atau dapat juga dbudidayakan lalu Pare merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki rasa pahit walaupun sudah diolah menjadi sebuah masakan. Jenis sayuran yang dikenal dengan nama karela ini permukaannya keriting dan berwarna hijau. Dalam bahasa latin, pare memiliki nama Momordica Charantia L. Pare, sejenis sayur yang berbentuk seperti buah.


Buahnya berbentuk bulat panjang dengan pangkal berbentuk jantung dan berwarna hijau tua.Tanaman ini tumbuh merambat atau memanjat dengan sulur berbentuk spiral.Buah pare memiliki rasa yang pahit oleh karenanya sangat sedikit orang yang suka untuk mengkonsumsi buah pare ini.

Dari rasanya yang pahit itu ternyata buah Pare mengandung banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Buah Pare mampu untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit kronis. Pahit tetapi menyehatkan.Pare sangat baik dalam membantu metabolisme tubuh. Lalu apa saja manfaat pare bagi kesehatan?

Inilah 9 manfaat dari buah pare untuk kesehatan kita:

  • Melancarkan pencernaan Walaupun pare memiliki rasa yang pahit, namun pare bisa merangsang pencernaan dan gerakan makanan dalam usus sampai dikeluarkan dalam tubuh. Bagi Anda yang memiliki masalah gangguan pencernaan, tak ada salahnya untuk menambahkan pare dalam menu makan siang atau malam.

  • Buahnya yang mengandung Albiminoid,karbohidrat dan zat warna Daunnya mengandung zat pahit, minyak lemak, asam dammar, protein, besi, kalsium, fosfor, vitamin A, B1 dan C yang terkandung dalam buah pare, bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit.

  • Menurunkan kadar gula darah Pare mengandung charntine, senyawa insulin dan alkaloids yang bertanggung jawab untuk penurunan kadar gula darah. Oleh karena itu, pare sangat cocok dikonsumsi oleh para penderita diabetes dan pencegahan diabetes tipe dua.

  • Manfaat buah pare untuk kesehatan adalah dapat menjadi penangkal sel kanker. Hal ini telah dibuktikan dalam suatu penelitian di Jepang. Dalam penelitian tersebut, digunakan beberapa tikus yang diinjeksi sel kanker kemudian diinjeksi dengan ekstrak buah pare.

  • Mengatasi asma Sebuah studi dari Universitas of Massachusetts menunjukkan bahwa respons tubuh terhadap konsumsi makanan pahit, seperti pare merangsang indra pengecap yang ada di sel saluran pernapasan.
  • Pare juga dimanfaatkan untuk pengobatan. Kadar kalsium didalam buah pare tergolong tinggi, sehingga mampu menaikkan produksi sel-sel beta dalam pancreas untuk menghasilkan insulin. Senyawa fitokimia lutein dan likopen didalam buah pare berkasiat sebagai anti kanker, antibiotika, antivirus, perangsang produksi insulin, penyeimbang tekanan darah dan kadar gula darah, perangsang nafsu makan dan pembasmi cacing usus.
  • Mencegah sel kanker pankreas Para peneliti dari University of Colorado, Amerika Serikat menunjukkan bahwa sari pare bisa menghentikan sel kanker pankreas memproses glukosa. Hal tersebut penting karena sel kanker memerlukan energi untuk bertahan dan memblokir persediaan glukosa agar bisa membunuh sel kanker tersebut. 

  • Buah pare juga kaya serat, vitamin C, karoten, dan kalium. Seratnya baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, dan karotennya dapat meningkatkan aktivitas dan kesehatan mata, seperti karoten pada wortel. Kalium punya kemampuan mengatasi konsumsi natrium yang berlebihan sehingga membuat pembuluh darah lebih lentur, sehingga baik untuk kesehatan jantung.

  • Pare yang masih muda digunakan sebagai obat diabetes, gangguan pencernaaan, obat malaria, penyakit kuning dan bronkhitis. Daun pare juga tidak kalah penting dengan buahnya.
Inilah 9 manfaat dari buah pare untuk kesehatan kita, Banyak sekali yah manfaat dari buah pare, Ketahuilah bahwa pare memiliki kepadatan kalori yang rendah sehingga jika Anda mengonsumsinya lebih banyak tak akan menambah berat badan. Selain itu, pare juga memiliki kadar air yang tinggi, yaitu 90% dan bebas kalori.