Waspadai Minuman Manis Bersoda Bisa Sebabkan Kelahiran Prematur

Sumber gambar: Strategiesagainstacne.com
Gaya hidup dan faktor lain yang berhubungan dengan konsumsi gula bisa menyebabkan kelahiran prematur.

Perempuan yang banyak meminum minuman manis bersoda selama kehamilan bisa berpotensi melahirkan dalam kondisi prematur.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Norwegia dan mengambil sampel dari 60.761 perempuan hamil diketahui, perempuan hamil yang rutin meminum soda setiap hari bisa meningkatan kemungkinan melahirkan prematur sampai 25 persen.

Sedangkan perempuan hamil yang minum minuman bergula buatan secara rutin setiap hari bisa meningkatkan kemungkinan melahirkan prematur sampai 11 persen.

Meski demikian, belum jelas apakah semata meminum minuman tersebut yang menjadi penyebab kelahiran prematur. "Kami berusaha keras mencari penyebab kelahiran prematur. Studi ini tidak memberi indikasi bahwa meminum soda merupakan hal yang sangat berisiko," ujar dokter Michael Katz, dari yayasan March of Dimes yang berbasis di New York, Amerika Serikat.

Berdasarkan data penelitian yang dikeluarkan American Journal of Clinical Nutrition tidak ditemukan bukti bahwa gula yang terkandung dalam minuman bersoda bisa menyebabkan kelahiran prematur.

Gaya hidup dan faktor lain yang berhubungan dengan konsumsi gula justru yang mungkin bisa menyebabkan kelahiran prematur. Menurut American Journal, penyebab terbesar kelahiran prematur adalah faktor nutrisi, usia kehamilan ibu, rokok, alkohol, obesitas, masalah kesehatan kronis seperti diabetes, dan kondisi genetik.

"Kami tidak mengatakan bahwa perempuan hamil tidak boleh meminum minuman bergula atau manis. Namun, sebaiknya mengurangi gula dan banyak makan buah dan sayuran," ujar Dr Linda Englund-Ögge dari Sahlgrenska University Hospital, Gutenberg, Swedia.

Sumber: http://www.beritasatu.com/women-health/86077-minuman-manis-bersoda-bisa-sebabkan-kelahiran-prematur.html