15 Manfaat Timun Untuk Kesehatan Dan Tubuh

Manfaat Timun Mentimun adalah salah satu sayuran tertua yang dibudidayakan dan diyakini berasal dari India utara. Mentimun termasuk sayuran yang paling banyak dikonsumsi di dunia selain tomat, bawang dan kubis.Timun merupakan salah satu jenis sayuran yang menyegarkan. Selain enak dimakan dan dijadikan lalapan, timun juga biasa digunakan untuk kecantikan, salah satunya
mengompres mata lelah.
Timun yang kaya akan vitamin A, B1, B6, kalsium, potasium, dan folat juga punya banyak manfaat lainnya. Mentimun adalah makanan sehat karena rendah kalori dan lemak. Mentimun juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang membuatnya menjadi pilihan yang sehat untuk memasak dan ngemil.

  •  Mentimun Untuk Perawatan kulit,
Kandungan air yang tinggi, vitamin A, B & C dan adanya mineral tertentu seperti magnesium, kalium, silika membuat mentimun menjadi bagian penting untuk perawatan kulit.Asam askorbat dan asam caffeic yang ada dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air yang pada gilirannya mengurangi bengkak dan bengkak di bawah mata. Kulit mentimun juga dapat membantu kulit melindungi dari sengatan matahari atau keadaan kulit yg kasar karena kena angin.
  •  Hidrasi tubuh
Saat musim panas, tubuh cenderung sering berkeringat dan kemungkinan dehidrasi pun lebih besar. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengosumsi timun segar atau minum jus timun.

  •  Melawan kanker 
Mentimun mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol - beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, kanker prostat, kanker rahim, dan kanker ovarium.

  • Atasi rasa pusing
Jika Anda sering merasa pusing, cobalah makan timun sebelum tidur. Timun memiliki kandungan vitamin B, elektrolit, dan gula yang dapat mengurangi rasa pusing di kepala. Minum segelas jus timun di pagi hari juga bisa mengatasi sakit kepala secara natural.
  •   Bermanfaat untuk gigi dan gusi 
Jus mentimun juga bermanfaat untuk orang dengan gigi dan gusi masalah, terutama dalam kasus-kasus penyakit pada gusi. Ketimun merupakan sumber yang baik serat makanan dan serat ini pijat di gigi dan gusi.
  • Manfaat Jus Mentimun Untuk Mengonrol Tekanan Darah 
Jus mentimun mengandung banyak kalium, magnesium, dan serat yang bekerja secara efektif untuk mengatur tekanan darah. Sangat baik dikonsumsi oleh penderit mengobati tekanan darah rendah dan tekanan darah tinggi.
  • Bantu diet
Selain memiliki kandungan air yang tinggi, timun juga rendah kalori dan rendah lemak. Sehingga jika Anda sedang menjalani diet, timun adalah sayuran tepat untuk dikonsumsi.

  •  Meningkatkan kesehatan 
 Timun merupakan sumber silika yang sangat baik untuk membantu  kesehatan dengan memperkuat jaringan ikat.

  •  Mengurangi kolesterol 
Para peneliti menemukan bahwa beberapa senyawa yang disebut sterol dalam mentimun dapat membantu mengurangi kadar kolesterol 
  • Merangsang pertumbuhan rambut 
Ketimun mengandung silikon dan belerang dan dengan demikian asupan rutin mentimun dapat membantu pertumbuhan rambut yang sehat. Untuk hasil terbaik, campurkan jus mentimun dengan jus wortel, selada atau bayam.
  • Sendi kuat
Timun kaya akan kandungan silika yang mendorong kesehatan sendi dan memperkuat sel-sel jaringan di sekitar persendian.
  • Mulut sehat
Tak hanya dapat mengurangi bau mulut, timun juga membantu gigi lebih kuat dan gusi lebih sehat. Kunyahlah timun untuk membunuh bakteri di mulut yang dapat menyebabkan bau tak sedap.

  • Meringankan sakit asam urat dan rematik 
Mentimun kaya akan vitamin A, B1, B6, C & D, Folat, Kalsium, Magnesium, dan Kalium, bila dicampur dengan jus wortel, mereka bisa meredakan encok dan nyeri artritis dengan cara menurunkan kadar asam ura
  • Menyembuhkan diabetes 
Jus mentimun mengandung hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin.
  •  Bertindak sebagai diuretik 
Banyaknya kandungan air pada mentimunr bertindak sebagai diuretik. Hal ini mendorong penghapusan produk limbah dari tubuh saat kita buang air kecil. Mentimun membantu untuk melarutkan kandung kemih atau batu ginjal. 
  • Membantu menurunkan berat badan (diet),
 Karena rendah kalori dan kandungan air yang tinggi, mentimun sangat bagus dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan diet.
Banyak sekali manfaat dari ketimun.tidak hanya untuk perawatan kulit  saja tetapi banyak sekali manfaat dari mentimun,semoga bermanfaat untuk kita semua.