Cara Mencegah Penyakit Kanker Payudara

Cara Mencegah Penyakit Kanker Payudara


Cara Mencegah Penyakit Kanker Payudara - Penyakit kanker payudara tentu menjadi hal yang menakutkan bagi semua wanita. Selain dapat mengganggu fungsi payudara, penyakit ini juga dapat menjurus pada kematian. Semua wanita pasti tidak ingin hal buruk tersebut menimpa dirinya. Untuk menghindari kanker payudara, tentu harus dilakukan pencegahan yang konkrit. Apa saja langkah pencegahan kanker payudara? Mari simak ulasan di bawah ini.

Cara Mencegah Penyakit Kanker Payudara
Cara Mencegah Penyakit Kanker Payudara.
  • Hindari penggunaan Bra ketat dalam jangka waktu lama. Hal ini dapat berakibat buruk pada peredaran darah di bagian payudara. Jika akan melakukan aktivitas yang cukup lama, sebaiknya gunakan bra yang longgar.
  • Jauhi rokok dan minuman yang beralkohol. Kedua hal tersebut bukan hanya akan memicu terjadinya kanker payudara, namun dapat pula berakibat fatal pada kesehatan.
  • Rutin memeriksa kesehata payudara. Anda harus meluangkan waktu minimal tiga bulan sekali untuk mengecek kesehatan payudara ke dokter. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi dan pemantauaan konstant.
  • Hindari sinar x atau berbagai jenis sinar radiasi lain. Jika anda sering terkena sinar radiasi, maka bukan tidak mungkin risiko mengidap kanker payudara semakin meningkat.
  • Banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan segar. Adapun beberapa produk yang bisa anda konsumsi diantaranya tahu, tempe, kacang kedelai, dan lain-lain. Beberapa makanan tersebut mengandung senyawa phyti estrogen yang bisa mengurangi risiko kanker payudara. Selain itu, buah dan sayuran juga terbukti dapat menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.
  • Olahraga secara teratur. Anda tidak harus melakukan olahraga berat atau menghamburkan banyak uang untuk pergi ke pusat kebugaran. Olahraga bisa dilakukan dengan berbagai cara yang sederhana seperti naik turun tangga, jogging di sekitar rumah, senam pagi, dan lain-lain. Luangkan waktu minimal tiga puluh menit untuk melakukan olahraga tersebut.
  • Hindari makanan yang terlalu banyak mengandung lemak
  • Luangkan waktu untuk melakukan relaksasi atau yoga.

Itulah beberapa cara mencegah kanker payudara yang wajib diketahui oleh kaum hawa. Supaya penyakit mematikan tersebut tidak menimpa diri anda, sudah sepatunya anda melakukan beberapa langkah pencegahan di atas. Jangan biarkan masa depan anda terputus oleh penyakit kanker payudara.