5 Jenis Tanaman Herbal Rumahan Dengan Segudang Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Tanaman Herbal Rumahan | Semakin berkembangnya praktek-praktek pengobatan alternatif membuat obat herbal semakin dipilih oleh sebagian masyarakat Indonesia . Pengobatan alternatif yang memanfaatkan obat-obatan herbal sebagai alat penyembuhannya, dinilai lebih aman dan ampuh untuk mengusir berbagai macam penyakit, baik yang bisa disembuhkan maupun yang sulit untuk disembuhkan dengan bantuan medis sekalipun. Alasan lainnya mengapa obat herbal banyak dipilih adalah bahan alaminya yang tidak menimbulkan efek samping. Secara umum, obat-obatan herbal yang saat ini banyak tersedia di apotek-apotek atau toko obat herbal terbuat dari bahan baku alami seperti tanaman-tanaman herbal yang memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Dan kabar baiknya, diantara ratusan jenis tanaman herbal yang ada di dunia, anda bisa dengan mudah membudidayakannya / menanamnya di pekarangan atau halaman rumah anda. Tanaman apa sajakah itu ? Berikut kami berikan informasi mengenai 5 Jenis Tanaman Herbal Rumahan Dengan Segudang Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh :

1. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, diantaranya untuk meremajakan kulit, menghilangkan jerawat, dan membuang racun yang ada di kulit. Lidah buaya juga sering dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan luka bakar ringan.

2. Bawang Putih

5 Jenis Tanaman Herbal Rumahan , Selain dijadikan sebagai bumbu masakan, bawang putih juga terbukti ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sifat antibiotik yang dimiliki dari bawang putih berkhasiat untuk mengatasi luka kecil hingga bisul. Namun, perlu diketahui jika untuk mendapatkan khasiat antibiotik dari bawang putih, bawang perlu dicincang, dihancurkan, atau dikunyah langsung.

3. Ginseng

Tanaman herbal asal korea ini memiliki banyak kegunaan bagi kesehatan tubuh, terutama untuk menjaga stamina agar tetap fit. Ginseng secara alami memberikan dorongan energi pada tubuh, serta dikenal mampu menangani berbagai permasalahan seperti kesuburan pada pria. Saat ini Ginseng sudah banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku obat, baik dalam bentuk kapsul, tablet, ataupun teh.

4. Peppermint

Tanaman peppermint (mentha) banyak dimanfaatkan orang sebagai obat herbal alami yang dapat mengatasi gangguan pencernaan. Anda bisa memanfaatkan daunnya sebagai campuran bahan makanan atau minuman. Untuk merasakan manfaatnya, anda bisa tambahkan daun peppermint kering sebanyak dua sendok makan pada secangkir teh yang selalu anda konsumsi.

5. Chamomile

5 Jenis Tanaman Herbal Rumahan , Tanaman Chamomile masih memilki hubungan dengan keluarga bunga matahari. Tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai obat herbal karena terbukti ampuh untuk meyembuhkan peradangan pada usus. Khasiat lainnya, jika tanaman ini dibuat menjadi minuman teh herbal dipercaya mampu mengatasi sakit perut dan dapat menenangkan syaraf. Para ahli kesehatan merekomendasikan untuk secara rutin mengonsumsi teh dari chamomile setiap pagi karena baik bagi kesehatan tubuh.